Sidrap

[Sidrap][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Lingkungan

[Lingkungan][bleft]

Film Parasite Asal Korea Raih Film Internasional Terbaik Oscar 2020

Share this post

KabarSidrap.com - Film Parasite yang memenangi Palme d'Or di Festival Film Cannes 2019 dan berhasil mendapatkan dua penghargaan dari British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) di London, Minggu (2/2/2020) waktu setempat kembali menunjukkan dominasinya atas sederet film-film terbaik lainnya pada ajang Oscars 2020 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu (9/2/2020) malam waktu setempat atau Senin (10/2/2020) pagi Waktu Indonesia Barat (WIB).

Parasite memenangkan kategori Best International Feature Film (Film Internasional Terbaik) Oscar 2020 yang digelar Minggu (9/2/2020). Film ini berhasil mengalahkan nominasi lainnya yakni Corpus Christy (Polandia-Prancis), Honeyland (Macedonia), Les Mirables (Prancis) dan Pain and Glory (Spanyol).

Parasite (Judul asli Gisaengchung) adalah film tragedi-komedi yang memotret kesenjangan sosial yang nyaris sempurna. Cerita permulaan Parasite adalah panggung tragedi bagi keluarga miskin Kim Ki-taek (Song Kang-ho). Ia bekas supir yang menganggur. Sehari-hari bekerja borongan melipat kardus pizza dengan dibantu istrinya, Choong Sook (Jang Hye-jin), dan kedua anaknya Ki-woo (Choi Woo-shik) dan Ki-jeong (Park So-Dam). Permulaan film produksi Korea Selatan ini juga panggung komedi sebab adegan-adegan tersebut dibungkus secara humoris. Mereka tidak terlihat depresif. Bahkan bisa dibilang santai. Atau barangkali mereka sudah terbiasa dengan penderitaan hidup serta sudah terlatih untuk menjadikannya lelucon.

Cerita mulai menarik saat teman Ki-woo menawarinya pekerjaan sebagai guru les seorang siswi SMA yang berasal dari keluarga kaya. Berbekal ijasah yang dipalsukan Ki-jeong, Ki-woo yang berkali-kali gagal ujian masuk kampus kemudian berangkat ke sebuah rumah bergaya modern di kawasan warga kelas atas.

Babak selanjutnya adalah panggung kesejahteraan keluarga Park. Mereka terdiri dari Tuan Park (Lee Sun-kyun), Nyonya Park (Cho Yeo-jeong), anak perempuannya Da-hye (Jung Ziso)-yang akan diajar oleh Ki-woo-dan adik laki-lakinya yang masih anak-anak, Da-song (Jung-Hyeon-jun).

“Dari luar bagus ya rumahnya,” komentar Ki-woo sambil mengagumi rerumputan lapang di halaman depan.

“Di dalamnya juga bagus,” jawaban pembantu rumah Moon-gwang (Lee Jung-eun) ini bersifat serta-merta dan memancing tawa.

Misi penipuan berantai belumlah selesai. Lewat fitnah-fitnah terstruktur, Ki-taek berhasil menjadi supir baru Tuan Park, sementara Choong Sook mampu menggantikan posisi pembantu lama.

Keluarga Park tentu tidak mengetahui jika keempat orang yang bekerja di rumahnya, yang digaji secara memuaskan, ialah satu keluarga. Namun kegembiraan Ki-taek sekeluarga juga tak berlangsung lama. Pangkalnya adalah penemuan yang mengejutkan di ruang bawah tanah rumah Tuan Park.

Dalam ajang Oscar tahun 2020 ini, Parasite mendapat enam nominasi, yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Naskah Asli Terbaik, Film Internasional Terbaik, Desain Produksi Terbaik dan Editing Terbaik

Parasite meraih piala untuk sutradara terbaik, naskah film asli terbaik dan film internasional terbaik. Film Bong mengalahkan 1917, Once Upon a Time di Hollywood, Jojo Rabbit, dan The Irishman.

Ketika film ini memenangkan film terbaik, Bong memberikan panggung kepada dua aktor utamanya yakni Jeong-eun Lee, yang mengatakan, "Momen pertama dalam sejarah sedang terjadi sekarang,". Sementara Hye-jin memberikan penghormatan kepada sutradara, memuji "rambutnya yang gila, cara dia berbicara, cara dia berjalan, dan terutama cara dia mengarahkan".

Dia kemudian berterima kasih kepada publik sinema Korea karena "tidak pernah ragu-ragu untuk memberi kami pendapat langsung yang membuat kami tidak akan pernah berpuas diri, dan terus mendukung."


Berikut ini daftar lengkap pemenang Oscars 2020 :

Kategori Best picture, dimenangkan oleh Parasite dengan menyisihkan film lainnya 1917, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, Once Upon a Time…in Hollywood, Parasite Ford v Ferrari.

Kategori Best actress, dimenangkan oleh Renée Zellweger (Judy) dengan menyisihkan nama lainnya seperti Cynthia Erivo (Harriet), Scarlett Johansson (Marriage Story), Charlize Theron (Bombshell) dan Saoirse Ronan (Little Women).

Kategri Best actor, dimenangkan oleh Joaquin Phoenix (Joker) dengan mengalahkan nama lainnya seperti Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time…in Hollywood), Antonio Banderas (Pain and Glory), Adam Driver (Marriage Story), Jonathan Pryce (The Two Popes)

Kategori Best director dimenangkan oleh Bong Joon-ho (Parasite), menyisihkan yang lainnya seperti Sam Mendes (1917), Todd Phillips (Joker), Martin Scorsese (The Irishman), Quentin Tarantino (Once Upon a Time…in Hollywood).

Kategori Music (original song) dimenangkan oleh "(I'm Gonna) Love Me Again" from Rocketman dengan mengalahkan "I'm Standing With You" from Breakthrough; "Into The Unknown" from Frozen II; "Stand Up" from Harriet; “I Can't Let You Throw Yourself Away" from Toy Story 4; "Glasgow" from Wild Rose.

Kategori Music (original score) dimenangkan oleh Joker.

Kategori International feature film dimenangkan oleh South Korea, Parasite.

Kategori Makeup and hairstyling dimenangkan oleh Bombshell.

Kategori Visual effects dimenagkan oleh 1917.

Kategori Best film editing dimenagkan oleh Ford v Ferrari.

Kategori Best cinematography dimenangkan oleh Roger Deakins, 1917.

Kategori Best sound mixing dimenagkan oleh 1917.

Kategori Best sound editing dimenagkan oleh Ford v Ferrari.

Kategori Best supporting actress dimenagkan oleh Laura Dern (Marriage Story)

Kategori Documentary short feature dimenangkan oleh Learning to Skateboard in a Warzone (If You're a Girl).

Kategori Documentary feature dimenangkan oleh Jacqueline Durran (Little Women).

Kategori Best production design dimenangkan oleh Once Upon a Time…in Hollywood.

Kategori Best adapted screenplay dimenangkan oleh Taika Waititi (Jojo Rabbit).

Kategori Best original screenplay dimenangkan oleh Bong Joon-ho, Parasite.

Kategori Animated short film dimenangkan oleh Hair Love.

Kategori Animated feature film dimenangkan oleh Toy Story 4.

Kategori Best supporting actor dimenangkan oleh Brad Pitt (Once Upon a Time…in Hollywood). *Kie

Tidak ada komentar: