Sidrap

[Sidrap][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Lingkungan

[Lingkungan][bleft]

Berbasis Digital, Kongres Advokat Indonesia Dinilai Sejalan Dengan Revolusi Industri 4.0

Share this post

KabarSidrap.com - DPP Kongres Advokat Indonesia (KAI) menggelar sidang terbuka dengan agenda Pengukuhan Advokat KAI di Wilayah Hukum Negara Republik Indonesia dengan domisili di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sulawesi Selatan. Acara tersebut mengukuhkan 37 peserta yang berlangsung di Hotel Four Points Makassar, Selasa (21/7/2020).

Sebelumnya, pada Kamis (16/7) peserta pengukuhan tersebut telah diambil sumpah menurut agamanya dalam Sidang Terbuka Pengadilan Tinggi Sulawesi Selatan sebagaimana diatur dalam UU Advokat.

Presiden Kongres Advokat Indonesia, ADV. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH., MH., CLA., CIL., CLI., CRA., bertindak selaku Ketua Majelis Sidang Terbuka DPP KAI didampangi oleh empat anggota majelis mengukuhkan 37 Advokat KAI. Prosesi pengukuhan Advokat KAI berlangsung dengan penuh hikmat. Setiap advokat yang dikukuhkan melakukan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih dan Pataka KAI. SK Pengangkatan dan Kartu Tanda Anggota sebagai Advokat oleh Organisasi Advokat KAI diserahkan langsung oleh majelis kepada setiap advokat.

Dalam arahan dan nasehat yang disampaikan, Presiden KAI berpesan agar Advokat KAI bisa menjadi advokat yang Officium Nobile sesuai dengan ikrar yang telah dilafaskan serta bangga dengan profesi yang ditekuninya.

“Bila ada advokat yang tidak bangga dengan profesi yang ditekenuninya, maka saya pastikan ia tidak akan pernah sukses,” tegas Tjoetjoe Sandjaja Hernanto.

Salah satu peserta pengukuhan Adv. Andi Mekasari, SH. menyampaikan rasa haru dan bangga menjadi keluarga besar Kongres Advokat Indonesia.

“Adalah kebanggaan menjadi keluarga besar KAI. Ini organisasi advokat yang pertama yang berbasis digital. Sebuah konsep organisasi yang sejalan dengan revolusi industri 4.0, modern dan maju. KTA kami ini bisa jadi e-money," jelas Andi Mekasari.



Ketua DPD KAI Sulawesi Selatan Adv. Muh. Israq Mahmud, SHI., CLA., CIL., dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh DPC KAI se-Sulawesi Selatan untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi ilmu hukum salah satunya untuk pelaksanaan PKPA.

“Kepada DPC-DPC agar membuat kerjasama dengan beberapa universitas dan perguruan tinggi ilmu hukum di Sulawesi Selatan dalam rangka pelaksanaan PKPA kedepannya, itu salah satunya,” ujar Israq Mahmud.

Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan harapan untuk DPD SulSel yg semakin maju.

“Pengurus DPD saat ini diisi oleh advokat-advokat muda yang energik, diharapkan mampu membawa DPD SulSel lebih besar dan maju kedepannya,” pungkas Ketua DPD KAI Sulsel ini. *Ndi

Tidak ada komentar: