Sidenreng Rappang (Sidrap)

[Sidrap][bleft]

Agribisnis

[Agribisnis][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Nasional

[Nasional][bleft]

Tampilan Baru Patung Andi Takko Mempercantik Taman Kota Tanrutedong

Share this post


TANRUTEDONG, KABARSIDRAP.COM - Bupati Sidrap Ir H Dollah Mando berkunjung dan melihat langsung renovasi patung Andi Takko di Tanrutedong, Kecamatan Dua Pitue, Kamis (24/12/2020).


Andi Takko sebagai tokoh pejuang kemerdekaan memiliki sejarah kejuangan yang patut dijadikan inspirasi untuk generasi saat ini. Sebagai pemimpin wilayah pada zaman kemerdekaan, Andi Takko juga bergelar Arung Otting hingga dirinya ditangkap oleh penjajah Belanda pada waktu itu karena menolak bekerjasama dengan Belanda dan terus mengobarkan kata Merdeka. Bahkan hingga kini, tidak ada informasi yang pasti di mana jasad Andi Takko dikuburkan. Beberapa cerita berkembang bahwa Andi Takko dibunuh oleh Belanda dengan cara ditenggelamkan di laut sekitar Parepare (Lokasi dia dipenjara bersama Bau Massepe) dan juga ada yang mengisahkan bahwa dia menjalani hukuman mati di tanah Mandar (Sekarang Sulawesi Barat).


Pada kesempatan itu, Dollah Mando mengatakan, renovasi patung Andi Takko dilakukan agar terlihat lebih indah serta tampak bersejarah.


“Tujuan merenovasi patung ini, agar terlihat lebih indah serta kesan sejarahnya nampak,” ucap Bupati Sidrap tersebut.



Andi Takko Bin Arung Otting La Madda Bin Arung Otting La Ceme merupakan pahlawan yang rela berkorban untuk daerah yang kita cintai ini, berkat perjuangannyalah, kita bisa mengisi kemerdekaan hari ini.


"Saya Ir. H. Dollah Mando dengan rendah hati, izinkan persembahan ini untuk keluarga beliau, kerabat beliau serta segenap rumpun bangsawan Sidenreng Rappang. Semoga menjadi pengingat untuk sejarah dan karakter penerus bangsa khususnya generasi penerus Sidenreng Rappang," tegas Dollah Mando.


Lebih lanjut Dollah Mando menambahkan, Kecamatan Dua Pitue akan memiliki ikon baru dan menambah keindahan pemandangan di Taman Kota Tanrutedong yang tepat berada di pusat kota. Masyarakat setempat juga mngenal tempat ini sebagai Taman Segitiga Tanrutedong.  


“Patung Andi Takko ini, akan menjadi ikon di wilayah Sidrap bagian timur, khususnya di Kecamatan Dua Pitue,” pungkas Dollah Mando.



Dollah Mando juga berharap dan mengimbau kepada masyarakat bersama-sama memelihara dan menjaga kebersihan patung tersebut. *Ndi

Tidak ada komentar: